sublime

sublime

Tuesday, November 12, 2013

Profile Dari Perusahaan Semen Indonesia


Profil Lengkap Perusahaan


Perusahaan diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus1957 oleh Presiden RI pertama dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen per tahun, dan sampai akhir tahun 2012 kapasitas tumbuh sebesar 113% menjadi 28,5 juta ton/tahun.
Pada tanggal 8 Juli 1991 saham Perseroan tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa EfekSurabaya (kini menjadi Bursa Efek Indonesia) serta merupakan BUMN pertama yang go public dengan menjual 40 juta lembar saham kepada masyarakat. Komposisi pemegang saham pada saat itu: NegaraRI 73% dan masyarakat 27%.
Pada bulan September 1995, Perseroan melakukan Penawaran Umum Terbatas I (Right Issue I), yang mengubah komposisi kepemilikan saham menjadi Negara RI 65% dan masyarakat 35%. Pada tanggal 15 September 1995 PT Semen Gresik berkonsolidasi dengan PT Semen Padang dan PT Semen Tonasa.Total kapasitas terpasang Perseroan saat itu sebesar 8,5 juta ton semen per tahun.
Pada tanggal 17 September 1998, Negara RI melepas kepemilikan sahamnya di Perseroan sebesar 14% melalui penawaran terbuka yang dimenangkan oleh Cemex S. A. de C. V., perusahaan semen global yang berpusat di Meksiko. Komposisi kepemilikan saham berubah menjadi Negara RI 51%, masyarakat 35%, dan Cemex 14%. Kemudian tanggal 30 September 1999 komposisi kepemilikan saham berubah menjadi: Pemerintah Republik Indonesia 51,0%, masyarakat 23,4% dan Cemex 25,5%.
Pada tanggal 27 Juli 2006 terjadi transaksi penjualan saham Cemex Asia Holdings Ltd. kepadaBlue Valley Holdings PTE Ltd. sehingga komposisi kepemilikan saham berubah menjadi Negara RI 51,0% Blue Valley Holdings PTE Ltd. 24,9%, dan masyarakat 24,0%. Pada akhir Maret 2010, Blue Valley Holdings PTELtd, menjual seluruh sahamnya melalui private placement, sehingga komposisi pemegang saham Perseroan berubah menjadi Pemerintah 51,0% dan publik 48,9%.



Tanggal 18 Desember 2012 adalah momentum bersejarah ketika Perseroan melakukan penandatanganan transaksi final akuisisi 70 persen saham Thang Long Cement, perusahaan semen terkemuka Vietnam yang memiliki kapasitas produksi 2,3 juta ton/tahun. Akuisisi Thang Long Cement Company ini sekaligus menjadikan Perseroan sebagai BUMN pertama yang berstatus multi national corporation. Sekaligus mengukuhkan posisi Perseroan sebagai perusahaan semen terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas sampai tahun 2012 sebesar 28,5 juta ton per tahun
Nilai kapitalis per 31 Desember 2012 Rp94 triliun, kapasitas produksi (installed) sebesar 28,5 ton per tahun.
·         Menyelesaikan pembangunan  unit pabrik semen
·         Akuisisi Thang Long Cement Joint stock Company (TLCC), di Vietnam.
·         Menjadi Strategic Holding Company dan merubah nama menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.



Transformasi Perseroan sebagai upaya meningkatkan kinerja, setelah penerapan Functional Holding melalui sinergi dari masing-masing kompetensi perusahaan baik dibidang operasional maupun dibidang pemasaran. Perseroan meningkatkan kualitas pengelolaan organisasi dan melakukan komunikasi yang lebih intensif dengan pemangku kepentingan di masing-masing operating company
Pada tahun 2012, Perseroan semakin mengintensifkan upaya membentuk strategic holding company yang lebih menjamin terlaksananya sinergi pada seluruh aspek operasional dari perusahaan yang bernaung dibawah grup perusahaan. Melalui pembentukan strategic holding ini, Perseroan meyakini seluruh potensi dan kompetensi perusahaan dalam group baik dalam bidang operasional, produksi dan terutama pemasaran, dapat disatu padukan dengan semakin baik untuk memberikan kinerja optimal. Melalui penerapanstrategic holding, maka posisi “holding” terhadap anak usaha (yakni perusahaan semen dan anak perusahaan yang akan datang) menjadi sangat jelas, yakni:
1.    HoldCo menentukan arah group
2.    Di masa yang datang, setiap OpCo tambahan akan berada di tingkat yang sama dengan OpCo yang ada
Dengan kedudukan dan fungsi yang jelas tersebut, maka akan diperoleh berbagai manfaat utama, meliputi:
1.    Pemisahan jelas antara peran HoldCo vs OpCo dengan pemisahan yang jelas mengenai peran dan tanggung jawab di bawah entitas hukum yang terpisah. Memungkinkan HoldCo untuk beroperasi sebagai HoldCo “murni” untuk mengelola semua anak perusahaan OpCo.
2.    Dalam jangka pendek: Potensi manfaat sinergi yang lebih tinggi akan dapat dihasilkan dari hubungan yanglebih baik dan meningkatnya kerjasama antar OpCo.
3.    Dalam jangka panjang:
a.    Mendukung pertumbuhan masa depan Perseroan dalam penerapan strategi ekspansi regional dan internasional melalui akuisisi perusahaan semen lain.
b.    Maksimalisasi pengetahuan dan kemampuan grup dalam berbagai bidang operasional, mencakup: pemasaran, pengadaan, Litbang, untuk mendorong perbaikan operasional dan optimalisasi kinerja melalui penerapan best practices pada masing-masing bidang tersebut.

Semen Indonesia, Nama yang Menyatukan Seluruh Potensi Group
Pada tanggal 20 Desember 2012, melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan, resmi mengganti nama dari PT Semen Gresik (Persero) Tbk, menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Penggantian nama tersebut, sekaligus merupakan langkah awal dari upaya merealisasikan terbentuknya Strategic Holding Group yang ditargetkan dan diyakini mampu mensinergikan seluruh kegiatan operasional dan memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki untuk menjamin dicapainya kinerja operasional maupun keuangan yang optimal. Perseroan menggunakan nama Semen Indonesia dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang krusial, mencakup:
1.    Nama tersebut bisa merefleksikan ambisi dari grup.
2.    Merangkul karakteristik nasional dari perusahaan yang mencakup ketiga OpCo
3.    Melalui nama tersebut sejarah dan tradisi tetap dihormati
4.    Melalui nama Semen Indonesia, seluruh Opco tetap dapat menggunakan keberadaan merek eksisting secara optimal, mengingat pengenalan merek baru akan sangat menyita waktu dan biaya. Perseroan juga telah mempertimbangkan bahwa nama Semen Indonesia sangat sejalan dengan sasaran pembentukan Holding dari berbagai aspek, mencakup:
5.    Kemampuan untuk meningkatkan Sinergi:
a.    Sesuai dengan positioning anak-anak perusahaan yang bergerak dalam bidang persemenan.
b.    Merefleksikan Holding yang lebih besar dan melambangkan ke- Indonesiaan.
c.    Dapat memayungi anak-anak perusahaan persemenan yang berada di lokasi geografis yang berbeda (Gresik, Tonasa, dan Padang)
d.    Dapat diterima dengan mudah di lingkup Internasional ataupun Dalam negeri
6.    Kemudahan Implementasi:
a.    Tidak menimbulkan perubahan berarti yang mungkin mempengaruhi tahapan- tahapan pembentukan strategic holding.
b.    Mencerminkan gerakan perubahan ke arah strategic holding sebagai gerakan nasional / Indonesia.
7.    Meningkatkan potensi pemasaran dan pertumbuhan
a.    Masing-masing merk eksiting (Semen Gresik, Semen Tonasa dan Semen Padang) tetap tumbuh dan eksis sebagai merk yang kuat di Indonesia.
b.    Pada masa mendatang, nama Semen Indonesia dapat menciptakan kebanggaan nasionalis; menghilangkan asosiasi dengan spesifik daerah.
c.    Kemungkinan lebih bisa diterima oleh potensial target merger dan akusisi (perusahaan Semen BUMN lainnya).
d.    Komplemen dari struktur strategic holding
e.    Menambah keberadaan di pasar regional dan internasional
f.     Selaras dengan aspirasi menjadi pemain regional kelas atas Pembentukan Semen Indonesia sebagai Strategic Holding, akan memberikan keleluasaan dalam merealisasikan berbagai aksi korporasi, menyangkut: akuisisi, financing, pengembangan bisnis terintegrasi dengan industri semen, akuisisi lahan dalam rangka persiapan pembangunan pabrik baru dan sebagainya.
Perseroan memiliki berbagai keunggulan lain yang mampu meningkatkan daya saing ditengah kompetisi industri semen yang semakin ketat. Keunggulan Perseroan mencakup antara lain :

JANGKAUAN DISTRIBUSI
Keunggulan jaringan distribusi Perseroan didukung oleh 30 unit gudang penyangga, pengoperasian 20 packing plant di lokasi yang strategik dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia serta didukungoleh 361 distributor nasional untuk menjamin kelancaran pasokan semen ke seluruh penjuru Nusantara. Perseroan saat ini sedang membangun 3 packing plant tambahan di beberapa lokasi prospek. Hingga tahun 2016 Perseroan merencanakan tambahan 12 unit packing plant. Tujuan pembangunan packing plant tersebut adalah:
• Efisiensi biaya transportasi, distribusi dan pengantongan.
• Menjamin kontinuitas pasokan semen di wilayah pemasaran Perseroan.
• Perluasan pasar.
BAHAN BAKU
Area-area tambang Perseroan memiliki cadangan bahan baku dengan kualitas terbaik dan dalam jumlah besar, sehingga menjamin kelangsungan produksi semen di seluruh pabrik Perseroan dalam jangka panjang.
BRAND IMAGE
Perseroan memiliki empat merk yang lekat di hati konsumen, yaitu Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa dan Thang Long Cement. Perseroan menguasai pangsa pasar domestik terbesar yang mencapai sekitar 42 %, menunjukkan keunggulan reputasi yang mencerminkan kekuatan corporatedan brand image Perseroan.
FUNDAMENTAL KEUANGAN
Perseroan berhasil mengelola fundamental keuangan yang tetap kuat, sehingga memberikankesempatan lebih luas bagi Perseroan untukmelakukan perluasan kapasitas produksi sertaekspansi usaha terkait lainnya.      


SUMBER DAYA MANUSIA
Sejalan dengan rencana pengembangan usaha, perubahan pola usaha sebagai perusahaan multinasional dan perubahan struktur korporasi sebagaiStrategic Holding, Perseroan telah menerapkan Human Capital Master Plan(HCMP) tahap ketiga yang disebut excellent performance. Perseroan menekankan pengelolaan Human Capital (HC) pada pengembangan kompetensi, karakter dan integritas. Ketiganya merujuk pada satu tujuan, yakni tersedianya HC yang berkompetensi tinggi, berkarakter kuat dan berintegritas untuk mendukung pencapaian visi dan misi Perseroan. Perseroan semakin intensif dalam mengimplementasikan HRIS (Human Resource Information System), Reward Management dan menjalankan hasil rumusan ManpowerPlanning serta aktif melakukan internalisasi Budaya Korporasi yang disebut CHAMPS. CHAMPS merupakan akronim dari Budaya Korporasi dengan nilainilai dasar: Compete With a Clear & Synergized Vision, Have a High Spirit for Continuous Learning, Act with High Accountability, Meet Customer Expectation, Perform ethically with high Integrity, danStrengthening Teamwork.



Jenis Produk
Perseroan memproduksi berbagai jenis semen. Semen utama yang diproduksi adalah semen Portland Tipe II-V (Non-OPC). Di samping itu, juga memproduksi berbagai tipe khusus dan semen campur (mixed cement), untuk penggunaan yang terbatas. Berikut ini penjelasan mengenai jenis semen yang diproduksi serta penggunaannya. Semen produksi perseroan memiliki kualitas yang tinggi dan telah memenuhi standar SNI, ini wujud komitmen perusahaan sebagai produsen semen berkualitas di Indonesia dan produsen semen terbesar di Asia Tenggara.
SEMEN LPORTLAND TIPE I

Dikenal pula sebagai Ordinary Portland Cement (OPC), merupakan semen hidrolis yang dipergunakan secara luas untuk konstruksi umum, seperti konstruksi bangunan yang tidak memerlukan persyaratan khusus, antara lain bangunan perumahan, gedung-gedung bertingkat, landasan pacu, dan jalan raya.
SEMEN PORTLAND II

Semen Portland II adalah semen yang mempunyai ketahanan terhadap sulfat dan panas hidrasi sedang. Misalnya untuk bangunan di pinggir laut, tanah rawa, dermaga, saluran irigasi, beton, massa dan bendungan.
SEMEN PORTLAND TIPE III

Semen jenis ini merupakan semen yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan bangunan yang memerlukan kekuatan tekan awal yang tinggi setelah proses pengecoran dilakukan dan memerlukan penyelesaian secepat mungkin, seperti pembuatan jalan raya bebas hambatan, bangunan tingkat tinggi dan bandar udara.
SEMEN PORTLAND TIPE V

Semen Portland Tipe V dipakai untuk konstruksi bangunan-bangunan pada tanah/air yang mengandung sulfat tinggi dan sangat cocok untuk instalasi pengolahan limbah pabrik, konstruksi dalam air, jembatan, terowongan, pelabuhan, dan pembangkit tenaga nuklir.
SPECIAL BLENDED CEMENT (SBC)
Adalah semen khusus yang diciptakan untuk pembangunan megaproyek jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) dan sesuai digunakan untuk bangunan di lingkungan air laut, dikemas dalam bentuk curah.
SUPER MASONRY CEMENT (SMC)
Adalah semen yang dapat digunakan untuk konstruksi  perumahan dan irigasi yang struktur betonnya maksimal K225, dapat juga digunakan untuk bahan baku pembuatan genteng beton  hollow brick, paing block dan tegel.
PORTLANDT POZZOLAN CEMENT (PPC)

Adalah bahan pengikat hidrolis yang dibuat dengan menggiling terak, gypsum,  dan bahanpozzolan. Digunakan untuk bangunan umum dan bangunan yang memerlukan ketahanan sulfat dan panas hidrasi sedang, seperti : jembatan, jalan raya, perumahan, dermaga, beton massa, bendungan, bangunan irigasi, dan fondasi pelat penuh.
PORTLAND COMPOSITE CEMENT (PCC)

Adalah bahan pengikat hidrolis hasil penggilingan bersama-sama terak, gypsum, dan satu atau lebih bahan anorganic. Kegunaan semen jenis ini sesuai untuk konstruksi beton umum, pasangan batu bata, plesetan bangunan khusus seperti beton para-cetak, beton para-tekan danpaving block.
OIL WELL CEMENT (OWC) CLASS G HRC
Merupakan semen khusus yang digunakan untuk pembuatan sumur minyak bumi dan gas alam dengan konstruksi sumur minyak di bawah permukaan laut dan bumi. OWC yang telah diproduksi adalah Class G, High Sulfat Resistant (HSR) disebut juga sebagai “Basic OWC”. Aditif dapat ditambahkan untuk pemakaian pada berbagai kedalaman dan temperatur tertentu.





SEMEN THANG LONG PCB40
Portland cement blender (PCB40) sesuai dengan TCVN 6260:19979. Semen Thang Long PCB40 dapat meningkatkan daya kerja concrete, meningkatkan daya tahan terhadap penyerapan air, erosi lingkungan dan bertahan lama, dan sangat cocok untuk iklim di Vietnam.
Selain sifat-sifat yang unggul tersebut, semen Thang Long memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
·         Sangat Halus.
·         Berwarna abu-abu sesuai selera pelanggan.
·         Setting Time: Initial Time:sekitar 120-170 menit. Final Time: setelah 3 – 4 jam. Cocok untuk pekerjaan konstruksi.
·         Mutu yang stabil. Cement Strength  selalu melampaui standar untuk menghemat jumlah pemakaian semen.
·         Daya tahan tinggi terhadap sulfat untuk konstruksi bawah tanah dan bawa air. Emisi panas yang rendah saat setting Time, bermanfaat untuk konstruksi yang luas yang menggunakan bata ringan (concrete blocks).
SEMEN THANG LONG PC50
Semen jenis ini sesuai untuk bangunan berspesifikasi tinggi atau beton khusus yang digunakan untuk proyek-proyek besar, sesuai dengan standar negara-negara pengimpor semen di Asia, Eropa dan Amerika. Produk ini cocok diaplikasikan pada jenis proyek konstruksi dengan persyaratan rumit, misalnya: jembatan, jalan, proyek pembangkit listrik tenaga air, konstruksi beton bertulang, maupun konstruksi beton dengan kuat tekan tinggi. Produk ini memiliki toleransi penyimpanan yang lebih panjang, sehingga mendukung proyek yang jauh lokasinya meski dalam bentuk ready mix concreate. PC50 memiliki tingkat resistensi yang tinggi terhadap sulfat sehingga tepat jika diaplikasikan dalam bangunan yang ada di bawah tanah atau air. Kadar kapur dan suhu panas rendah sehingga mampu mengurangi kemungkinan retak atau pecah pada blok beton besar atau konstruksi beton.
Semen Portland Tipe I dan PPC tersedia di pasar retail, sementara jenis lainnya hanya diproduksi berdasarkan pesanan dalam jumlah tertentu. Produk-produk tersebut dipasarkan terutama untuk kebutuhan pasar dalam negeri dan sebagian lainnya diekspor. Sebagian besar produk dipasarkan dalam bentuk kemasan zak, sedangkan selebihnya dalam bentuk curah. Perseroan merupakan produsen semen yang memiliki berbagai jenis produk semen berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia.

Karir
Mengapa Pilih Semen Indonesia
KAPASITAS TERBESAR DI ASIA TENGGARA
Keberhasilan pembangunan pabrik Tuban IV dan Tonasa V, serta akuisisi perusahaan semen Vietnam Thang Long Cement Company pada akhir tahun 2012, maka pada awal tahun 2013 perseroan memiliki kapasitas terpasang sebesar 28,5 ton/tahun dan telah menjadi perusahaan semen terbesar di Asia Tenggara berdasarkan kapasitas terpasang. Kapasitas tersebut akan terus tumbuh dimasa mendatang dengan adanya ekspansi pertumbuhan organik berupa pembangunan pabrik di Jawa Tengah dan Sumatera Barat pada tahun 2013 yang akan selesai pada tahun 2015. Sedangkan pertumbuhan anorganik pada tahun 2013 akan dikembangkan di Myanmar dan diharapkan pada tahun 2014 sudah dapat dilakukan proses konstruksi.
BUMN PERTAMA BERSTATUS MULTI NATIONAL COMPANY
Keberhasilan akuisisi Thang Long Cement Company pada Desember 2012 telah memposisikan perseroan sebagai BUMN Indonesia pertama berstatus multi national company. Inilah langkah bersejarah untuk menembus kancah dunia sesuai motto “Dari Gresik untuk Indonesia Menuju Indoensia”. Langkah ini merupakan awal investasi yang baik dan menguntungkan, serta memiliki prospek baik dalam jangka panjang. Aksi ini akan memperluas jaringan produksi dan distribusi Semen Indonesia menjadi lintas negara, sehingga dapat mengatur distribusi semen dan penjualan seefisien mungkin berdasarkan potensi margin yang ada. Aksi korporasi perseroan tahun 2013 di Myanmar dengan menggandeng mitra lokal untuk mendirikan pabrik semen, maka akan semakin memperluas cakupan distribusi dan peluang pasar.

STRATEGIC HOLDING MENJAMIN PENINGKATAN KINERJA BERKELANJUTAN
Pembentukan strategic holding akan mampu menyatukan seluruh potensi dan kompetensi perusahaan dalam group dalam bidang operasional, produksi dan terutama pemasaran, dapat disatu padukan dengan semakin baik untuk memberikan kinerja optimal. Melalui penerapan strategic holding, maka posisi “holding” terhadap anak usaha (yakni perusahaan semen dan anak perusahaan yang akan datang) menjadi sangat jelas, yakni :
·         HoldCo menentukan arah group.
·         Dimasa yang akan datang, setiap OpCo tambahan akan berada di tingkat yang sama dengan OpCo yang ada.
Dengan kedudukan dan fungsi yang jelas tersebut, maka akan diperoleh berbagai manfaat utama, meliputi :
·         Pemisahan jelas antara peran HoldCo vs OpCo dengan pemisahan yang jelas mengenai peran dan tanggung jawab di bawah entitas hukum yang terpisah.
·         Memungkinkan HoldCo untuk beroperasi sebagai HoldCo “murni” untuk mengelola semua anak perusahaan OpCo.
·         Dalam jangka pendek: Potensi manfaat sinergi yang lebih tinggi akan dapat dihasilkan dari hubungan yang lebih baik dan meningkatnya kerjasama antara OpCo.
·         Dalam jangka panjang :
·         Mendukung pertumbuhan masa depan Perseroan dalam penerapan strategi ekspansi regional dan internasional melalui akuisisi perusahaan semen lain.
Memaksimalisasi pengetahuan dan kemampuan group dalam berbaga bidang operasional mencakup : pemasaran, pengadaan, litbang, untuk mendorong perbaikan opeasional dan optimalisasi kinerja melalui penerapan best practices pada masing-masing bidang tersebut.
PRESTASI KINERJA TERTINGGI
Pada tahun 2012 perseroan menorehkan prestasi emas dalam berbagai aspek, meliputi peingkatan kinerja operasional, kinerja keunagan, kinerja lingkungan maupun kinerja sosial. Perolehan penjualan mencapai 22,6 juta ton atau meningkat 14,5%, pendapatan mencapai Rp 19.598 triliun atau meningkat 19,7%laba bersih mencapai angka Rp 4,85 triliun atau meningkat 23,5%, diikuti dengan EBITDA mencapai Rp 6.869 triliun atau meningkat 27,2%, laba bersih mencapai Rp 4,85 triliun atau meningkat 23,5%,

BRAND EQUITY YANG SEMAKIN KOKOH
Perseroan memiliki 4 merek produk yang memiliki keunggulan dan brand equity yang kuat yaitu Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa dan Thang Long Cement.

PANGSA PASAR DOMESTIK TERBESAR
Perseroan di tahun 2012 mampu mempertahankan penguasaan pasar domestik sebesar 41%, melalui kekuatan brand equity dan distribusi yang semakin kuat yang didukung oleh 20 packing plant yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hingga tahun 2016 Perseroan merencanakan tambahan 12 unit packing plant.

SDM YANG BERKUALITAS
Perseroan melaksanakan program pengelolaan dan pengembangan kompetensi Human Capital (HC) sejalan dengan rencana pengembangan usaha. Sebagai upaya Perseroan dalam mendorong pertumbuhan kinerja perusahaan yang berkesinambungan, maka Perseroan menggali budaya internal yang terkandung dalam perusahaan. Nilai-nilai budaya perusahaan tersebut adlaah CHAMPS dengan komponen : Compete with synergized and clear vison, having spirit of Continuous Learing, act with high accountability, meet Customer Expectation, Perform ethically with high integrity, strengthening Teamwork.
World Class Organization 2013 dengan :
- Process      :
·         International standard HC Management System
·         High Performance Culture Establihment
·         Initiate Knowledge Integration System
·         Integrated KM & Training Center
- Outcome   :
·         Company of Choice
·         Employer of Choice
·         Knowledge & Development Integrated Center
Pembangunan Tuban IV dan Tonasa V yang tidak menggunakan EPC dari luar dan sepenuhnya dikerjakan oleh SDM Perseroan menunjukkan kemampuan SDM yang berkualitas. 




No comments:

Post a Comment