Profil Lengkap Perusahaan
Perusahaan diresmikan di Gresik pada tanggal
7 Agustus1957 oleh Presiden RI pertama dengan kapasitas terpasang 250.000 ton
semen per tahun, dan sampai akhir tahun 2012 kapasitas tumbuh sebesar 113%
menjadi 28,5 juta ton/tahun.
Pada tanggal 8 Juli 1991 saham Perseroan
tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa EfekSurabaya (kini menjadi Bursa Efek
Indonesia) serta merupakan BUMN pertama yang go public dengan
menjual 40 juta lembar saham kepada masyarakat. Komposisi pemegang saham pada
saat itu: NegaraRI 73% dan masyarakat 27%.
Pada bulan September 1995, Perseroan
melakukan Penawaran Umum Terbatas I (Right Issue I), yang mengubah
komposisi kepemilikan saham menjadi Negara RI 65% dan masyarakat 35%. Pada
tanggal 15 September 1995 PT Semen Gresik berkonsolidasi dengan PT Semen Padang
dan PT Semen Tonasa.Total kapasitas terpasang Perseroan saat itu sebesar 8,5
juta ton semen per tahun.
Pada tanggal 17 September 1998, Negara RI
melepas kepemilikan sahamnya di Perseroan sebesar 14% melalui penawaran terbuka
yang dimenangkan oleh Cemex S. A. de C. V., perusahaan semen global yang
berpusat di Meksiko. Komposisi kepemilikan saham berubah menjadi Negara RI 51%,
masyarakat 35%, dan Cemex 14%. Kemudian tanggal 30 September 1999 komposisi
kepemilikan saham berubah menjadi: Pemerintah Republik Indonesia 51,0%,
masyarakat 23,4% dan Cemex 25,5%.
Pada tanggal 27 Juli 2006 terjadi transaksi
penjualan saham Cemex Asia Holdings Ltd. kepadaBlue Valley Holdings PTE Ltd.
sehingga komposisi kepemilikan saham berubah menjadi Negara RI 51,0% Blue
Valley Holdings PTE Ltd. 24,9%, dan masyarakat 24,0%. Pada akhir Maret 2010,
Blue Valley Holdings PTELtd, menjual seluruh sahamnya melalui private
placement, sehingga komposisi pemegang saham Perseroan berubah menjadi
Pemerintah 51,0% dan publik 48,9%.
|
|
Tanggal 18 Desember 2012 adalah momentum
bersejarah ketika Perseroan melakukan penandatanganan transaksi final akuisisi
70 persen saham Thang Long Cement, perusahaan semen terkemuka Vietnam yang
memiliki kapasitas produksi 2,3 juta ton/tahun. Akuisisi Thang Long Cement
Company ini sekaligus menjadikan Perseroan sebagai BUMN pertama yang
berstatus multi national corporation. Sekaligus mengukuhkan posisi
Perseroan sebagai perusahaan semen terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas
sampai tahun 2012 sebesar 28,5 juta ton per tahun
Nilai
kapitalis per 31 Desember 2012 Rp94 triliun, kapasitas produksi (installed)
sebesar 28,5 ton per tahun.
·
Menyelesaikan
pembangunan unit pabrik semen
·
Akuisisi
Thang Long Cement Joint stock Company (TLCC), di Vietnam.
·
Menjadi
Strategic Holding Company dan merubah nama menjadi PT Semen Indonesia (Persero)
Tbk.
Transformasi Perseroan sebagai upaya
meningkatkan kinerja, setelah penerapan Functional Holding melalui
sinergi dari masing-masing kompetensi perusahaan baik dibidang operasional
maupun dibidang pemasaran. Perseroan meningkatkan kualitas pengelolaan
organisasi dan melakukan komunikasi yang lebih intensif dengan pemangku
kepentingan di masing-masing operating company.
Pada tahun 2012, Perseroan semakin
mengintensifkan upaya membentuk strategic holding company yang lebih menjamin
terlaksananya sinergi pada seluruh aspek operasional dari perusahaan yang
bernaung dibawah grup perusahaan. Melalui pembentukan strategic holding ini,
Perseroan meyakini seluruh potensi dan kompetensi perusahaan dalam group baik
dalam bidang operasional, produksi dan terutama pemasaran, dapat disatu padukan
dengan semakin baik untuk memberikan kinerja optimal. Melalui penerapanstrategic
holding, maka posisi “holding” terhadap anak usaha (yakni perusahaan semen
dan anak perusahaan yang akan datang) menjadi sangat jelas, yakni:
1. HoldCo menentukan arah
group
2. Di masa yang datang, setiap
OpCo tambahan akan berada di tingkat yang sama dengan OpCo yang ada
Dengan
kedudukan dan fungsi yang jelas tersebut, maka akan diperoleh berbagai manfaat
utama, meliputi:
1. Pemisahan jelas antara
peran HoldCo vs OpCo dengan pemisahan yang jelas mengenai peran dan tanggung
jawab di bawah entitas hukum yang terpisah. Memungkinkan HoldCo untuk
beroperasi sebagai HoldCo “murni” untuk mengelola semua anak perusahaan OpCo.
2. Dalam jangka pendek:
Potensi manfaat sinergi yang lebih tinggi akan dapat dihasilkan dari hubungan
yanglebih baik dan meningkatnya kerjasama antar OpCo.
3. Dalam jangka panjang:
a.
Mendukung
pertumbuhan masa depan Perseroan dalam penerapan strategi ekspansi regional dan
internasional melalui akuisisi perusahaan semen lain.
b.
Maksimalisasi
pengetahuan dan kemampuan grup dalam berbagai bidang operasional, mencakup:
pemasaran, pengadaan, Litbang, untuk mendorong perbaikan operasional dan
optimalisasi kinerja melalui penerapan best practices pada
masing-masing bidang tersebut.
Semen Indonesia, Nama yang
Menyatukan Seluruh Potensi Group
Pada tanggal 20 Desember 2012, melalui Rapat
Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan, resmi mengganti nama dari PT
Semen Gresik (Persero) Tbk, menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Penggantian
nama tersebut, sekaligus merupakan langkah awal dari upaya merealisasikan
terbentuknya Strategic Holding Group yang ditargetkan dan diyakini mampu
mensinergikan seluruh kegiatan operasional dan memaksimalkan seluruh potensi
yang dimiliki untuk menjamin dicapainya kinerja operasional maupun keuangan
yang optimal. Perseroan menggunakan nama Semen Indonesia dengan
mempertimbangkan berbagai aspek yang krusial, mencakup:
1.
Nama
tersebut bisa merefleksikan ambisi dari grup.
2.
Merangkul
karakteristik nasional dari perusahaan yang mencakup ketiga OpCo
3.
Melalui
nama tersebut sejarah dan tradisi tetap dihormati
4.
Melalui
nama Semen Indonesia, seluruh Opco tetap dapat menggunakan keberadaan merek
eksisting secara optimal, mengingat pengenalan merek baru akan sangat menyita
waktu dan biaya. Perseroan juga telah mempertimbangkan bahwa nama Semen
Indonesia sangat sejalan dengan sasaran pembentukan Holding dari berbagai
aspek, mencakup:
5.
Kemampuan
untuk meningkatkan Sinergi:
a. Sesuai dengan positioning
anak-anak perusahaan yang bergerak dalam bidang persemenan.
b. Merefleksikan Holding yang
lebih besar dan melambangkan ke- Indonesiaan.
c. Dapat memayungi anak-anak
perusahaan persemenan yang berada di lokasi geografis yang berbeda (Gresik,
Tonasa, dan Padang)
d. Dapat diterima dengan mudah
di lingkup Internasional ataupun Dalam negeri
6.
Kemudahan
Implementasi:
a.
Tidak
menimbulkan perubahan berarti yang mungkin mempengaruhi tahapan- tahapan
pembentukan strategic holding.
b.
Mencerminkan
gerakan perubahan ke arah strategic holding sebagai gerakan
nasional / Indonesia.
7. Meningkatkan potensi
pemasaran dan pertumbuhan
a.
Masing-masing
merk eksiting (Semen Gresik, Semen Tonasa dan Semen Padang) tetap tumbuh dan
eksis sebagai merk yang kuat di Indonesia.
b.
Pada
masa mendatang, nama Semen Indonesia dapat menciptakan kebanggaan nasionalis;
menghilangkan asosiasi dengan spesifik daerah.
c.
Kemungkinan
lebih bisa diterima oleh potensial target merger dan akusisi (perusahaan Semen
BUMN lainnya).
d.
Komplemen
dari struktur strategic holding
e.
Menambah
keberadaan di pasar regional dan internasional
f.
Selaras
dengan aspirasi menjadi pemain regional kelas atas Pembentukan Semen Indonesia
sebagai Strategic Holding, akan memberikan keleluasaan dalam merealisasikan
berbagai aksi korporasi, menyangkut: akuisisi, financing, pengembangan bisnis
terintegrasi dengan industri semen, akuisisi lahan dalam rangka persiapan
pembangunan pabrik baru dan sebagainya.
Perseroan
memiliki berbagai keunggulan lain yang mampu meningkatkan daya saing ditengah
kompetisi industri semen yang semakin ketat. Keunggulan Perseroan mencakup
antara lain :
JANGKAUAN
DISTRIBUSI
Keunggulan jaringan distribusi Perseroan
didukung oleh 30 unit gudang penyangga, pengoperasian 20 packing plant di
lokasi yang strategik dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia serta
didukungoleh 361 distributor nasional untuk menjamin kelancaran pasokan semen
ke seluruh penjuru Nusantara. Perseroan saat ini sedang membangun 3 packing
plant tambahan di beberapa lokasi prospek. Hingga tahun 2016 Perseroan
merencanakan tambahan 12 unit packing plant. Tujuan pembangunan
packing plant tersebut adalah:
•
Efisiensi biaya transportasi, distribusi dan pengantongan.
•
Menjamin kontinuitas pasokan semen di wilayah pemasaran Perseroan.
•
Perluasan pasar.
BAHAN
BAKU
Area-area tambang Perseroan memiliki cadangan
bahan baku dengan kualitas terbaik dan dalam jumlah besar, sehingga menjamin
kelangsungan produksi semen di seluruh pabrik Perseroan dalam jangka panjang.
BRAND
IMAGE
Perseroan memiliki empat merk yang lekat di
hati konsumen, yaitu Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa dan Thang Long
Cement. Perseroan menguasai pangsa pasar domestik terbesar yang mencapai
sekitar 42 %, menunjukkan keunggulan reputasi yang mencerminkan kekuatan corporatedan brand
image Perseroan.
FUNDAMENTAL
KEUANGAN
Perseroan berhasil mengelola fundamental
keuangan yang tetap kuat, sehingga memberikankesempatan lebih luas bagi
Perseroan untukmelakukan perluasan kapasitas produksi sertaekspansi usaha terkait
lainnya.
SUMBER
DAYA MANUSIA
Sejalan dengan rencana pengembangan usaha,
perubahan pola usaha sebagai perusahaan multinasional dan perubahan struktur
korporasi sebagaiStrategic Holding, Perseroan telah menerapkan Human
Capital Master Plan(HCMP) tahap ketiga yang disebut excellent
performance. Perseroan menekankan pengelolaan Human Capital (HC)
pada pengembangan kompetensi, karakter dan integritas. Ketiganya merujuk pada
satu tujuan, yakni tersedianya HC yang berkompetensi tinggi, berkarakter kuat
dan berintegritas untuk mendukung pencapaian visi dan misi Perseroan. Perseroan
semakin intensif dalam mengimplementasikan HRIS (Human Resource Information
System), Reward Management dan menjalankan hasil rumusan
ManpowerPlanning serta aktif melakukan internalisasi Budaya
Korporasi yang disebut CHAMPS. CHAMPS merupakan akronim dari Budaya Korporasi
dengan nilainilai dasar: Compete With a Clear & Synergized Vision,
Have a High Spirit for Continuous Learning, Act with High Accountability, Meet
Customer Expectation, Perform ethically with high Integrity, danStrengthening
Teamwork.
Jenis
Produk
Perseroan
memproduksi berbagai jenis semen. Semen utama yang diproduksi adalah semen
Portland Tipe II-V (Non-OPC). Di samping itu, juga memproduksi berbagai tipe
khusus dan semen campur (mixed cement), untuk penggunaan yang terbatas.
Berikut ini penjelasan mengenai jenis semen yang diproduksi serta
penggunaannya. Semen produksi perseroan memiliki kualitas yang tinggi dan telah
memenuhi standar SNI, ini wujud komitmen perusahaan sebagai produsen semen
berkualitas di Indonesia dan produsen semen terbesar di Asia Tenggara.
SEMEN
LPORTLAND TIPE I
Dikenal
pula sebagai Ordinary Portland Cement (OPC), merupakan semen
hidrolis yang dipergunakan secara luas untuk konstruksi umum, seperti
konstruksi bangunan yang tidak memerlukan persyaratan khusus, antara lain
bangunan perumahan, gedung-gedung bertingkat, landasan pacu, dan jalan raya.
|
SEMEN
PORTLAND II
Semen
Portland II adalah semen yang mempunyai ketahanan terhadap sulfat dan panas
hidrasi sedang. Misalnya untuk bangunan di pinggir laut, tanah rawa, dermaga,
saluran irigasi, beton, massa dan bendungan.
|
||
SEMEN
PORTLAND TIPE III
Semen
jenis ini merupakan semen yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan bangunan
yang memerlukan kekuatan tekan awal yang tinggi setelah proses pengecoran
dilakukan dan memerlukan penyelesaian secepat mungkin, seperti pembuatan
jalan raya bebas hambatan, bangunan tingkat tinggi dan bandar udara.
|
SEMEN
PORTLAND TIPE V
Semen
Portland Tipe V dipakai untuk konstruksi bangunan-bangunan pada tanah/air
yang mengandung sulfat tinggi dan sangat cocok untuk instalasi pengolahan
limbah pabrik, konstruksi dalam air, jembatan, terowongan, pelabuhan, dan
pembangkit tenaga nuklir.
|
||
SPECIAL
BLENDED CEMENT (SBC)
Adalah
semen khusus yang diciptakan untuk pembangunan megaproyek jembatan
Surabaya-Madura (Suramadu) dan sesuai digunakan untuk bangunan di lingkungan
air laut, dikemas dalam bentuk curah.
|
SUPER
MASONRY CEMENT (SMC)
Adalah
semen yang dapat digunakan untuk konstruksi perumahan dan irigasi yang
struktur betonnya maksimal K225, dapat juga digunakan untuk bahan baku
pembuatan genteng beton hollow brick, paing block dan
tegel.
|
||
PORTLANDT
POZZOLAN CEMENT (PPC)
Adalah
bahan pengikat hidrolis yang dibuat dengan menggiling terak, gypsum, dan
bahanpozzolan. Digunakan untuk bangunan umum dan bangunan yang
memerlukan ketahanan sulfat dan panas hidrasi sedang, seperti : jembatan,
jalan raya, perumahan, dermaga, beton massa, bendungan, bangunan irigasi, dan
fondasi pelat penuh.
|
PORTLAND
COMPOSITE CEMENT (PCC)
Adalah
bahan pengikat hidrolis hasil penggilingan bersama-sama terak, gypsum, dan
satu atau lebih bahan anorganic. Kegunaan semen jenis ini sesuai untuk
konstruksi beton umum, pasangan batu bata, plesetan bangunan khusus seperti
beton para-cetak, beton para-tekan danpaving block.
|
||
OIL WELL CEMENT (OWC) CLASS G HRC
Merupakan
semen khusus yang digunakan untuk pembuatan sumur minyak bumi dan gas alam
dengan konstruksi sumur minyak di bawah permukaan laut dan bumi. OWC yang
telah diproduksi adalah Class G, High Sulfat Resistant (HSR)
disebut juga sebagai “Basic OWC”. Aditif dapat ditambahkan untuk pemakaian
pada berbagai kedalaman dan temperatur tertentu.
|
|||
SEMEN THANG LONG PCB40
Portland
cement blender (PCB40) sesuai dengan TCVN 6260:19979. Semen Thang Long PCB40
dapat meningkatkan daya kerja concrete, meningkatkan daya tahan terhadap
penyerapan air, erosi lingkungan dan bertahan lama, dan sangat cocok untuk
iklim di Vietnam.
Selain
sifat-sifat yang unggul tersebut, semen Thang Long memiliki ciri-ciri sebagai
berikut:
·
Sangat Halus.
·
Berwarna abu-abu sesuai selera pelanggan.
·
Setting Time: Initial Time:sekitar 120-170
menit. Final Time: setelah 3 – 4 jam. Cocok untuk pekerjaan
konstruksi.
·
Mutu yang stabil. Cement Strength selalu
melampaui standar untuk menghemat jumlah pemakaian semen.
·
Daya tahan tinggi terhadap sulfat untuk konstruksi
bawah tanah dan bawa air. Emisi panas yang rendah saat setting Time,
bermanfaat untuk konstruksi yang luas yang menggunakan bata ringan (concrete
blocks).
|
|||
SEMEN
THANG LONG PC50
Semen
jenis ini sesuai untuk bangunan berspesifikasi tinggi atau beton khusus yang
digunakan untuk proyek-proyek besar, sesuai dengan standar negara-negara
pengimpor semen di Asia, Eropa dan Amerika. Produk ini cocok diaplikasikan
pada jenis proyek konstruksi dengan persyaratan rumit, misalnya: jembatan,
jalan, proyek pembangkit listrik tenaga air, konstruksi beton bertulang,
maupun konstruksi beton dengan kuat tekan tinggi. Produk ini memiliki
toleransi penyimpanan yang lebih panjang, sehingga mendukung proyek yang jauh
lokasinya meski dalam bentuk ready mix concreate. PC50 memiliki tingkat
resistensi yang tinggi terhadap sulfat sehingga tepat jika diaplikasikan
dalam bangunan yang ada di bawah tanah atau air. Kadar kapur dan suhu panas
rendah sehingga mampu mengurangi kemungkinan retak atau pecah pada blok beton
besar atau konstruksi beton.
|
Semen
Portland Tipe I dan PPC tersedia di pasar retail, sementara jenis lainnya hanya
diproduksi berdasarkan pesanan dalam jumlah tertentu. Produk-produk tersebut
dipasarkan terutama untuk kebutuhan pasar dalam negeri dan sebagian lainnya
diekspor. Sebagian besar produk dipasarkan dalam bentuk kemasan zak, sedangkan
selebihnya dalam bentuk curah. Perseroan merupakan produsen semen yang memiliki
berbagai jenis produk semen berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pasar di
Indonesia.
Karir
Mengapa
Pilih Semen Indonesia
KAPASITAS
TERBESAR DI ASIA TENGGARA
Keberhasilan pembangunan pabrik Tuban IV dan
Tonasa V, serta akuisisi perusahaan semen Vietnam Thang Long Cement Company
pada akhir tahun 2012, maka pada awal tahun 2013 perseroan memiliki kapasitas
terpasang sebesar 28,5 ton/tahun dan telah menjadi perusahaan semen terbesar di
Asia Tenggara berdasarkan kapasitas terpasang. Kapasitas tersebut akan terus
tumbuh dimasa mendatang dengan adanya ekspansi pertumbuhan organik berupa
pembangunan pabrik di Jawa Tengah dan Sumatera Barat pada tahun 2013 yang akan
selesai pada tahun 2015. Sedangkan pertumbuhan anorganik pada tahun 2013 akan
dikembangkan di Myanmar dan diharapkan pada tahun 2014 sudah dapat dilakukan
proses konstruksi.
BUMN
PERTAMA BERSTATUS MULTI NATIONAL COMPANY
Keberhasilan akuisisi Thang Long Cement
Company pada Desember 2012 telah memposisikan perseroan sebagai BUMN Indonesia
pertama berstatus multi national company. Inilah langkah bersejarah untuk
menembus kancah dunia sesuai motto “Dari Gresik untuk Indonesia Menuju
Indoensia”. Langkah ini merupakan awal investasi yang baik dan menguntungkan,
serta memiliki prospek baik dalam jangka panjang. Aksi ini akan memperluas
jaringan produksi dan distribusi Semen Indonesia menjadi lintas negara,
sehingga dapat mengatur distribusi semen dan penjualan seefisien mungkin
berdasarkan potensi margin yang ada. Aksi korporasi perseroan tahun 2013 di
Myanmar dengan menggandeng mitra lokal untuk mendirikan pabrik semen, maka akan
semakin memperluas cakupan distribusi dan peluang pasar.
STRATEGIC
HOLDING MENJAMIN PENINGKATAN KINERJA BERKELANJUTAN
Pembentukan strategic holding akan mampu
menyatukan seluruh potensi dan kompetensi perusahaan dalam group dalam bidang
operasional, produksi dan terutama pemasaran, dapat disatu padukan dengan
semakin baik untuk memberikan kinerja optimal. Melalui penerapan strategic
holding, maka posisi “holding” terhadap anak usaha (yakni perusahaan semen dan
anak perusahaan yang akan datang) menjadi sangat jelas, yakni :
·
HoldCo
menentukan arah group.
·
Dimasa
yang akan datang, setiap OpCo tambahan akan berada di tingkat yang sama dengan
OpCo yang ada.
Dengan
kedudukan dan fungsi yang jelas tersebut, maka akan diperoleh berbagai manfaat
utama, meliputi :
·
Pemisahan
jelas antara peran HoldCo vs OpCo dengan pemisahan yang jelas mengenai peran
dan tanggung jawab di bawah entitas hukum yang terpisah.
·
Memungkinkan
HoldCo untuk beroperasi sebagai HoldCo “murni” untuk mengelola semua anak
perusahaan OpCo.
·
Dalam
jangka pendek: Potensi manfaat sinergi yang lebih tinggi akan dapat dihasilkan
dari hubungan yang lebih baik dan meningkatnya kerjasama antara OpCo.
·
Dalam
jangka panjang :
·
Mendukung
pertumbuhan masa depan Perseroan dalam penerapan strategi ekspansi regional dan
internasional melalui akuisisi perusahaan semen lain.
Memaksimalisasi
pengetahuan dan kemampuan group dalam berbaga bidang operasional mencakup :
pemasaran, pengadaan, litbang, untuk mendorong perbaikan opeasional dan
optimalisasi kinerja melalui penerapan best practices pada masing-masing bidang
tersebut.
PRESTASI
KINERJA TERTINGGI
Pada tahun 2012 perseroan menorehkan prestasi
emas dalam berbagai aspek, meliputi peingkatan kinerja operasional, kinerja
keunagan, kinerja lingkungan maupun kinerja sosial. Perolehan penjualan
mencapai 22,6 juta ton atau meningkat 14,5%, pendapatan mencapai Rp 19.598
triliun atau meningkat 19,7%laba bersih mencapai angka Rp 4,85 triliun atau
meningkat 23,5%, diikuti dengan EBITDA mencapai Rp 6.869 triliun atau meningkat
27,2%, laba bersih mencapai Rp 4,85 triliun atau meningkat 23,5%,
BRAND
EQUITY YANG SEMAKIN KOKOH
Perseroan memiliki 4 merek produk yang
memiliki keunggulan dan brand equity yang kuat yaitu Semen Gresik, Semen
Padang, Semen Tonasa dan Thang Long Cement.
PANGSA
PASAR DOMESTIK TERBESAR
Perseroan di tahun 2012 mampu mempertahankan
penguasaan pasar domestik sebesar 41%, melalui kekuatan brand equity dan
distribusi yang semakin kuat yang didukung oleh 20 packing plant yang tersebar
di seluruh wilayah Indonesia. Hingga tahun 2016 Perseroan merencanakan tambahan
12 unit packing plant.
SDM
YANG BERKUALITAS
Perseroan melaksanakan program pengelolaan
dan pengembangan kompetensi Human Capital (HC) sejalan dengan rencana
pengembangan usaha. Sebagai upaya Perseroan dalam mendorong pertumbuhan kinerja
perusahaan yang berkesinambungan, maka Perseroan menggali budaya internal yang
terkandung dalam perusahaan. Nilai-nilai budaya perusahaan tersebut adlaah
CHAMPS dengan komponen : Compete with synergized and clear vison, having spirit
of Continuous Learing, act with high accountability, meet Customer Expectation,
Perform ethically with high integrity, strengthening Teamwork.
World
Class Organization 2013 dengan :
-
Process :
·
International
standard HC Management System
·
High
Performance Culture Establihment
·
Initiate
Knowledge Integration System
·
Integrated
KM & Training Center
-
Outcome :
·
Company
of Choice
·
Employer
of Choice
·
Knowledge
& Development Integrated Center
Pembangunan
Tuban IV dan Tonasa V yang tidak menggunakan EPC dari luar dan sepenuhnya
dikerjakan oleh SDM Perseroan menunjukkan kemampuan SDM yang berkualitas.
Sumber
: http://www.semenindonesia.com/
No comments:
Post a Comment