sublime

sublime

Tuesday, October 29, 2013

ROUTER MIKROTIK RB 750

Router Mikrotik RB 750
            Cisco tentunya bukan nama yang asing lagi dalam dunia router, alat yang berfungsi untuk mengarahkan alamat di internet. Namun selain cisco ada nama lain yaitu solusi yang lebih murah untuk membangun sebuah router, yaitu Mikrotik RouterOS. Adalah system operasi yang di rancang khusus untuk network router. Dengan sistem ini akan dapat membuat router dari computer rumahan.
            MikroTik RouterOS™, merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan  resource PC yang memadai.
Sejarah mikrotik
MikroTik adalah sebuah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Pembentukannya diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins. John Trully adalah seorang berkewarganegaraan Amerika yang berimigrasi ke Latvia. Di Latvia ia berjumpa dengan Arnis, Seorang darjana Fisika dan Mekanik sekitar tahun 1995.
John dan Arnis mulai me-routing dunia pada tahun 1996 (misi MikroTik adalah me-routing seluruh dunia). Mulai dengan sistem Linux dan MS-DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless-LAN (WLAN) Aeronet berkecepatan 2 Mbps di Moldova, negara tetangga Latvia, baru kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia. Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP (W-ISP), tetapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan diseluruh dunia. Latvia hanya merupakan tempat eksperimen John dan Arnis, karena saat ini mereka sudah membantu negara-negara lain termasuk Srilanka yang melayani sekitar 400 pengguna.
Linux yang pertama kali digunakan adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5-15 orang staff Research and Development (R&D) MikroTik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Menurut Arnis, selain staf di lingkungan MikroTik, mereka juga merekrut tenega-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan MikroTik secara marathon.
Jenis-jenis mikrotik
1.       MikroTik RouterOS yang berbentuk software yang dapat di-download di www.mikrotik.com. Dapat diinstal pada kompuetr rumahan (PC).
2.       BUILT-IN Hardware MikroTik dalam bentuk perangkat keras yang khusus dikemas dalam board router yang didalamnya sudah terinstal MikroTik RouterOS.
    Mikrotik RB750

Gambar Mikrotik RB 750



RB750 adalah produk routerboard yang sangat mungil dan diperuntukkan bagi penggunaan SOHO. Memiliki 5 buah port ethernet 10/100, dengan prosesor baru Atheros 400MHz. Sudah termasuk dengan lisensi level 4 dan adaptor 12V.






Table Spesifikasi Mikrotik rb750
Spesifikasi RB750
Product Code
RB750
Architecture
MIPS-BE
CPU
AR7241 400MHz
Current Monitor
No
Main Storage/NAND
64MB
RAM
32MB
SFP Ports
0
LAN Ports
5
Gigabit
No
Switch Chip
1
MiniPCI
0
Integrated Wireless
No
MiniPCIe
0
SIM Card Slots
No
USB
No
Power Jack
10-28V
802.3af Support
No
POE Input
10-28V
POE Output
No
Serial Port
No
Voltage Monitor
No
Temperature Sensor
No
Dimentions
113x89x28mm
Operating System
RouterOS

Winbox
Winbox dan Microtik sejatinya ibarat Windows dan Office, Microtik mempunyai fungsi yang sama layaknya Windows yakni sebagai sistem operasi terminal jaringan. Sedangkan Winbox adalah utility atautool yang mempunyai tugas yang lebih kompleks karena harus me-remote ke router Mikrotik dengan menggunakan mode GUI.
Ibarat sebuah program, Winbox adalah launcher-nya dimana di dalam Winbox Anda dapat melakukan berbagai pengaturan, namun dengan cara yang lebih mudah karena fungsinya sebagai konsol maka pengguna tidak harus mengingat perintah-perintal konsol manual. Secara default, terdapat beberapa fitur yang dapat Anda temukan di Winbox, Antara lain:
  • Connect Button, tombol Connect merupakan akses untuk log on ke router dengan menggunakan IP yang sudah ditentukan sebelumnya. Modifikasi MAC address, nama pengguna dan password.
  • Save Button, berfungi sebagai perintah penyimpanan semua sesi ke dalam list, sehingga nantinya dapat dijalankan dengan mudah hanya dengan klik dua kali ke salah satu daftar.
  • Remove, untuk menghapus item yang sudah disimpan atau dipilih dari list.
  • Tools, terdapat beberapa pengaturan yang dapat dilakukan pada menu Tools antara lain; menghapus cache, import alamat dari file, eksport file dan menghapus seluruh item yang ada pada daftar.
  • Secure Mode, secure mode merupakan jenis hubungan dengan tingkat keamanan yang relatif lebih ketat karena sistem akan menyediakan protokol yang bersifat privacy antar router.
Fungsi Umum Winbox :
·         Interface pengaturan router Mikrotik secara remote
·         Memberikan akses kepada admin untuk mengatur bandwidth jaringan
·         Memblokir situs tertentu
·         Membatasi kecepatan jaringan
·         Mengetahui dan mengatur alamat IP dan akses ke situs tertentu
·         Mengatur proxy
Winbox memiliki lebih banyak fitur dari yang saya sebutkan, di dalam Winbox terdapat banyak tool-tool guna mendukung kinerja Microtik pada sebuah jaringan. Bahkan kini Winbox telah tersedia untuk sistem operasi Android namun dengan port yang berbeda.



Gambar Gui






1 comment:

  1. postingan yg sangat bagus gan, kunjungi juga
    Spesifikasi Router Mikrotik Rb 750
    portofolio arga yudha adhiprama,
    kunjungan baliknya gan trimakasih.

    ReplyDelete